Rahasia menulis artikel SEO

Leave a Comment

Rahasia menulis artikel SEO

Rahasia menulis artikel SEO


Bagaimana menulis agar page one? atau yang lebih dikenal dengan artikel seo pertanyaan ini sering muncul dari para bloger pemula yang sangat ingin sekali blog mereka tampil di halaman pertama atau yang sering sebut page one, bahkan tidak sedikit pula yang melakukan copas dari blog lain agar blog mereka ketularan bisa page one.


Untuk bisa menembus page one bukanlah pekerjaan mudah, itu dikarenakan mesin pencari seperti google akan terus mengapdate dan terus menyeleksi mana saja artikel yang memang layak berada di bagaian halaman awal mereka, bukan cuma google tapi hampir semua mesin penari juga akan demikian dalam memperlakukan semua konten yang berdedar di internet.


Tapi bukan tidak mungkin jika anda bisa mencapai page one, meskipun anda baru saja menjadi bloger. asal artikel anda sesuai dengan apa yang calon visitor inginkan dan cocok dengan alogaritma mesin mencari maka semuanya bisa saya terjadi.


Lalu bagai caranya agar artikel kita page one? berikut tips menulis artikel


1. Judul

Sebelum anda menulis sebuah artikel maka lebih baik anda tentukan judul dari pada artikel teresebut, ini penting agar anda bisa menentukan tahap selanjutnya yaitu riset keyword yang nantinya akan berperan penting di mata google atau mesin pencari.


Fungsi judul artikel

Fungsi judul artikel dalam sebuah artikel


Nah diatas dapat kita lihat contoh fungsi dari pada sebuah judul, jadi semakin unik sebuah artikel maka akan semakin besar dipilih oleh calon visitor


2. Keyword.

Keyword atau kata kunci sangat berperan sekali di mesin pencari, lalu apa itu keyword/kata kunci?

kata kunci adala kata yang calon visitor ketik dimesin pencari dan ini bisanya terdiri mulai satu kata hingga 7 kata, berikut

contoh keyword "artikel"

  • artikel
  • menulis+artikel
  • Cara+menulis+artikel
  • Cara+menulis+artikel+unik
  • Cara+mudah+menulis+artikel+Unik
  • Bagaimana+caranya+menulis+artikel+Unik
  • cara+mudah+bikin+artikel+agar+unik
  • Cara+mudah+menulis+artikel+agar+Page+one
  • dan masih banyak lagi,

Nah, setelah kita temukan keyword yang pas maka kita terapkan keywrod tersebut di dalam artikel agar nanti keyword tersebut bisa temukan oleh mesin pencari kemudian di baca oleh visitor.

Untuk bagaimana cara riset keyword anda bisa gunakan berbagai tool yang online seimsal:

  1. Google Adwords External Keyword Tool
  2. Semrush
  3. dan banyak lagi yang bisa anda gunakan

3. Tata letak Keyword.

Keyword memang menjadi faktor yang sangat penting di Mata mesin pencari, namun jika peletakanya salah maka keyword akan kehilangan kesaktiannya, yah kalo boleh diibaratkan anda punya uang banyak namun anda hidup di dalam hutan rimba, maka uang ada akan sia2. tapi jika anda punya uang banyak dan anda tinggal di lingkungan perkotaan maka uang akan memiliki fungsi yang sangat vital, benar begitu bukan?


cara mesin mencari melihat keyword

cara mesin pencari melihat keyword dalam sebuah artikel


Nah, peletakan keyword yang baik adalah pada paragraf pertama dan pada awal kalimat atau pada baris pertama, kemudian pada tengah2 paragraf pertama. cuma yang perlu di cermati pada tengah-tengah paragraf pertama ini adalah keyword turunan/sinonim dari keyword yang awal tadi.


Kemudian pada title gambar juga lebih baik anda beri keyword karena sering juga orang mencari sebuah artikel berdasarkan dari gambar.


Pada paragraf selanjutnya anda bisa bidik juga keywor, tapi ingat jangan terpaku pada satu keyword saja, tapi perkaya dengan keyword turunan/keywrod yang lebih dari 3 kata.


4. Jumlah karakter dari artikel.

Untuk bisa membikin artikel yang disukai oleh mesin pencari sebisa mungkin artikel harus lebih dari 1000 karakter, namun perlu diingat. panjang artikel ini jangan sampai menjebak anda dalam menulisnya, karena tidak sedikit dengan artikel panjang malah membuat isi artikel melebar dan jika itu terjadi maka artikel tersebut akan susah masuk page one.


5. Susunan artikel.

Setelah kita memahami apa itu keyword dan bagaimana cara meletakkan keyword maka langkah selanjutnya adalan susunan dari artikel tesebut.


Menurut artikel yang pernah baca, artikel yang baik adalah artikel yang bisa menyelesaikan sebuah permasalahan. saya rasa itu memang benar sekali karena ketika kita atau orang lain memiliki sebuah permasalahan maka ia akan bertanya bagaimana caranya agar permasalah tersebut bisa terselesaikan, benar begitu bukan?


6.Elemen dalam artikel

6.1 Achor.txt Achor.txt adalah kata atau kalimat yang kita beri url didalamnya, untuk anchor.txt ini biasanya di gunakan untuk mendukung sebuah artikel atau biasa disebut backlink, namun harus hati-hati dalam menggunakannya karena jika salah maka itu akan memperburuk citra artikel anda di mata mesin pencari.


Penempatan Anchor.txt harus relevan antara kata/kalimat dengan url yang ditanamamkan.


Misalnya kata "seo frendly" maka url yang kita tanamkan adalah url tersebut menuju ke artikel yang bertopik "seo frendly".


Ketika kita punya masalah dengan hanphone kita yang alramnya tidak bisa berbunyi maka kita akan mencari tahu bagaimana agar alram tersebut bisa berbunyi kembali, atau ketika kita tidak punya pekerjaan maka kita akan bertanya dimana ada pekerjaan dan masih banyak sekali contohnya yang intinya ketika orang pergi ke mesin pencari maka mereka menginginkan sebuah penyelesain dari pada permasalahan yang mereka miliki.


6.2 tag Heading H2-H6.

Fungsi dari heading H2-H6 sebagi sub judul dari sebuah artikel.


6.3 Gambar.

Fungsi dari adalah untuk membantu menjelaskan kepada para pembaca bagaimana menyelasaikan sebuah masalah/menemukan solusi, maka usakan menggunakan sebuah gambaran yang relevan.


Nah, setelah kita bisa memahami faktor-faktor tersebut maka kita bisa tahu apa dan bagaimana struktur/susunan dari artikel tersebut. dari beberapa artikel yang saya baca, struktur yang baik adalah


paragraf pertama adalah permasalahan

paragraf selanjutnya adalah penjelasan dari permasalahan

paragraf terakhir adalah solusi dari permasalahan tersebut


Jika struktur tersebut bisa anda ciptakan ketika anda membangun sebuah artikel maka setiap visitor yang datang akan dengan senang membacanya serta meraka dengan senang hati share artikel anda di medsos atau bahkan merekomendasikan kepada teman-temannya untuk membaca artikel anda, selain itu mesin pencari pun akan memberikan peringkat yang pantas kepada artikel anda.


7. riview/mebaca ulang

Setelah kita selesai menulis artikel jangan lupa untuk membacanya ulang, ini tujuannya adalah mengkoreksi apakah ada penulisan yang salah, kalimat yang tidak tepat atau bahasan yang terlalu melebar yang nantinya akan membuat kualitas artikal anda menurun.


Demikianlah cara menulis artikel agar bisa page one di google, satu hal yang ingin saya tambahkan satu lagi jangan terpaku pada judul sebagi target keyword kita karena ketika orang mencari sebuah artikel tidak berdasarkan judul tapi berdasarkan permasalahn yang mereka hadapi dan judul hanya befungsi sebagai pemikat di mata calon visitor ketika calon visitor disuguhi hasil pencarian oleh mesin pencari, kalo boleh saya ibaratkan ketika anda akan mencari makan kemudian anda menemukan deretan warung makan untuk mencari menu "bebek goreng"maka yang pertama anda lihat adalah judul dari rumah makan tersebut, misalnya: bebek goreng special, bebek goreng super pedas, bebek goreng ndowe, bebek goreng nelongso dan banyak lagi. nah disitulah fungsi sebuah judul :)

Nah jika semua faktor dari cara menulis artikel seo tersebut sudah anda penuhi maka faktor yang akan mempengaruhi selanjutnya adalah:

  • Desain web anda/template anda
  • meta tag yang tertanam dalam template anda
  • Backlink yang web anda miliki

kesimpulanya untuk mencapai page one itu ditentukan oleh banyak faktor yang memang sudah di tentukan oleh mesin pencari, namun untuk mendapatkan pengunjung banyak maka yang harus anda lakukan adalah, berikan layanan yang baik kepada para visitor anda, seperti desain web yang nyaman, artikle yang enak dibaca, loading web yang ringan dan kenyamanan lainnya agar mereka ingin kembali dan kembali lagi untuk menikmati artikel anda, semoga sukses

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar