5 Cara menjadi blogger sukses

Leave a Comment

5 Cara menjadi blogger sukses

5 Cara menjadi blogger sukses


Bagaimana menjadi blogger yang sukses? Untuk menjadi seorang blogger sukses memiliki banyak kriteria, Tergantung dari sudut mana kita memandang kesuksesan. Apakah sukses dari sisi financial atau mendapatkan penghasilan berlimpah yang bersumber dari blog/web yang dikelola atau dengan mendapatkan banyak visitor/pembaca yang loyal.


Agar bisa memiliki blog dengan pengunjung banyak atau berlimpah tidaklah mudah karena dibutuhkan berbagai aspek pendukung, seperti;


  1. Website/blog yang nyaman
  2. Artikel yang menarik
  3. Memenuhi standart yang berlaku
  4. Pengelola yang ramah
  5. Rajin dan sabar

Untuk lebih jelas yuk kita bahas 5 Cara menjadi blogger sukses mulai dari awal, Satu persatu agar kita lebih mudah untuk menjadi seorang blogger sukses seperti yang kita inginkan.


1. Website/blog yang nyaman

Website yang nyaman memang sangat mempengaruhi pengunjung agar betah berada di dalamnya, faktor ini sangat mempengaruhi sekali. karena ketika pengunjung datang ke dalam webiste kita, mereka tidak hanya mencari sebuah artikel yang mereka butuhkan tetapi mereka juga memikirkan kenyamanan, misalnya tampilan blog yang nyaman atau mudah menjangkau menu navigasi, ringan dan faktor pendukung lainnya. Sehingga mereka dapat dengan mudah mengakses atau menemukan berbagai artikel yang mereka butuhkan.


Dengan kenyamanan yang kita berikan maka akan membuat pengunjung semakin betah untuk menikmati apa saja yang kita sajikan, yah ibaratnya sebuah tempat, tempat itu nyaman dan memiliki fasilitas pendukung yang sesuai dengan keinginan pengunjung maka pengunjung akan lebih betah untuk berlama-lama berada di tempat tersebut.


Pengunjung akan sangat risih jika blog atau website yang berat dan mengandung iklan yang mengganggu misalnya pop-ads dan sejenisnya


2. Artikel yang menarik

Artikel atau konten adalah Unsur paling penting dalam sebuat website atau blog atau kalo dalam dunia perbloggingan di kenal dengan istilah kontent is king, karena pengunjung akan datang untuk mencari konten yang mereka butuhkan. Namun bukan sekedar artikel asal-asalan saja, Melainkan sebuah artikel yang bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang mereka hadapi, itu adalah standart mesin pencari dan pengunjung.


5 Cara membaut Artikel yang menarik

5 Cara membaut Artikel yang menarik


Lalu bagaimana membuat sebuah artikel yang unik seperti itu?


Tentunya tidak mudah untuk menulis sebuah artikel yang menarik dan sesuai dengan keinginan pengunjung, Namun jika kita sudah terbiasa menulis artikel maka hal tersebut sangatlah mudah. Untuk itu berikut akan saya bagikan bagaimana cara membuat artikel yang unik dan menarik sesuai dengan patokan pada sebuah standart kontent yang dikeluarkan oleh google, maka standart kontent sebagai berikut:

  • Judul yang menarik
  • Judul merupakan faktor terpenting untuk bisa memikat pengunjung agar mereka mau datang kedalam website atau blog yang kita kelola, Nah oleh karena itu sebisa mungkin untuk membuat judul semenarik mungkin dan baku.


  • Deskripsi
  • Deskripsi ini biasanya terletak pada paragraf pertama, jadi ketika anda menulis sebuah artikel maka usahakan untuk menjadiakan paragraf pertama sebagai deskripsi dari judul semenarik mungkin, singkat padat dan baku sehingga ketika mesin pencari mengindex atau mengcrawl maka akan menemukan artikel anda. Selain itu point ini juga akan membuat para pembaca lebih mudah dalam memahami apa maksud dari judul artikel anda.


  • Permasalahan
  • Setelah anda menulis deskripsi pada paragraf pertama, maka pada pada paragraf kedua adalah berisi penjelasan sebuah permasalahan. Misalnya ketika artikel anda berisi tentan cara membuat artikel yang baik maka pada paragraf pertama anda menuliskan apakah itu artikel yang baik lalu pada pargraf kedua anda menuliskan kendala saat menulis artikel yang baik. Contohnya: bagaimana agar topik dari artikel tetap fokus dan tidak melebar, dan lain sebagainya.


  • Penyelesaian
  • Setelah anda bisa menjelaskan permasalahan apa saja saat menulis artikel yang baik, maka pada paragraf selanjutnya anda bisa menjelaskan bagaimana artikel yang baik itu dibangun hingga bisa menghasilkan sebuah artikel yang baik dan sebisa mungkin sesuai dengan keingginan pembaca.


  • Kesimpulan
  • Jangan lupa untuk memberikan kesimpulan pada penutup artikel atau paragraf terakhir agar pembaca lebih memahami lagi dari artikel yang kita sajikan tadi, tentu ini akan memberikan nilai tersendiri bagi pengunjung anda. kalo bisa anda juga memberikan saran atau catatan pendukung yang bisa dijadikan masukan bagi pebmbaca.

3. Memenuhi standart yang berlaku

Setelah anda bisa memberikan tampilan website yang menarik dan Artikel yang menarik maka anda juga harus memenuhi standart sebuah website yang ditentukan oleh pihak google atau pihak keamanan dunia cyber, Apa saja standart sebuah website yang baik?

contoh tampilan contact us, Privacy policy dan Terms of Service

contoh tampilan contact us, Privacy policy dan Terms of Service


Untuk membuat sebuah website yang baik anda harus menyediakan berbagai informasi tentang website anda seperti:


  • halaman Contact Us
  • Contact Us merupakan halaman yang berisi tentang alamat pengelola website, itu bisa berupa no.telepon, alamat email dan lain sebagainya yang penting itu tidak palsu atau bisa dipertanggung jawabkan.

    Halaman ini dibutuhkan bertujuan untuk menyampaikan segala sesuatu yang bersangkutan dengan website atau blog yang anda miliki.


  • Halaman PRIVACY POLICY/KEBIJAKAN PRIBADI
  • Privacy Policy adalah halaman khusus yang menjelaskan kebijakan yang Anda terapkan sebagai pemilik situs kepada para pengunjung situs Anda. Terkait dengan bagaimana pengunjung berkomunikasi dengan Anda,tentang konten yang ada dalam blog/website anda, hal-hal apa yang harus dipahami pengunjung mengenai situs Anda, dan apa saja kebijakan yang Anda tetapkan sebagai pemilik situs yang harus ditaati oleh pengunjung situs Anda.


  • Halaman Terms of Service/ SYARAT PENGGUNAAN
  • Merupakan sebuah halaman yang berisi perjanjian tertulis di dalam sebuah blog/website, dengan tujuan agar pengguna atau pengunjung bisa memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh pengunjug terhadap isi atau layanan yang berada pada website/blog tersebut. Serta apa saja yang akan resiko serta keuntungan jika memanfaatkan nya.

Nah, ke tiga elemen tersebut merupakan elemen yang terpenting bagi sebuah website atau blog agar bisa Memenuhi standart yang berlaku. semua itu bertujuan sebagai wujud tanggung jawab anda sebagai pengelola blog atau website yang baik kepada para pengunjung.


4. Pengelola yang ramah.

Membalas setiap comment yang ditinggalkan pengunjung serta, selalu memenuhi keinginan para pengunjung merupakan cara jitu untuk memanjakan para pengunjung untuk datang lagi dan lagi. Tentu itu artinya blog anda akan semakin memiliki langganan pengunjung tetap yang ingin selalu menyimak artikel ataupun layananan anda.


Jika itu terjadi maka blog atau website anda lambat laun akan semakin ramai, memang menjadi pengelola blog yang sukses itu tidak semudah apa yang kita bayangkan butuk ketelatenan dan kesabaran.


5. Rajin dan sabar

Apapun bidang yang kita geluti faktor Rajin dan sabar memang sangat mutlak diperlukan, karena hanya dengan dua unsur tersebut segala sesuatu akan lebih mudah untuk dicapai.


Nah, ketika anda bisa menerapakan 4 cara menjadi pengelola blog yang sukses mulai dari


  1. Website/blog yang nyaman
  2. Artikel yang menarik
  3. Memenuhi standart yang berlaku
  4. Pengelola yang ramah
  5. Rajin dan sabar

Maka blog anda akan kebanjiran pengunjung dan tentunya secara otomatis pendapatan anda akan terus bertambah dan bertambah.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar