1001 ide menulis

Leave a Comment

Cara menemukan ide menulis

Cara menemukan ide menulis


Cara menemukan ide menulis memang banyak sekali makanya saya sampai mengambil judul 1001 ide menulis ini, karena saking banyaknya ide untuk mendapatkan tema atau bahan yang nantinya akan dijadikan sebagai artikel untuk postingan atau mengisi blog/web. Disini saya akan berbagi bagaimana saja menemukan ide menulis hingga menjadikan sebuah artikel menarik serta tentunya akan lebih mudah mendapatkan pengunjung.


Kenapa harus pusing-pusing menemukan ide menulis artikel, tinggal copas saja dari blog orang lain, beres!. Mungkin sebagian teman akan berfikir demikian, Namun perlu diingat, Kepuasan menjadi seorang penulis adalah ketika anda bisa menciptakan sebuah artikel yang bisa membantu pembaca menemukan solusi dari permasalahan, Itu merupakan kepuasan tersendiri dibandingkan dengan cuma melakukan copy-paste. Dilain sisi artikel buatan sendiri lebih memiliki kemungkinan akan masuk page one dibading asal copas, itu belum tentu bisa mendatangkan peminat atau pembaca. Jadi menemukan ide menulis artikel itu penting.


Dari pada melebar kemana-mana yuk langsung saja kita urai apa saja cara untuk menemukan ide menulis artikel, Namun sebelum kita menulis artikel kita lebih baik mencari tahu dulu beberapa hal berikut:

  • Kenapa orang akan membaca artikel anda?
  • Untuk apa kita menulis artikel tersebut?
  • Siapa saja nantinya calon pembaca artikel buatan anda?

YUk kita urai satu persatu ketiga pertanya diatas

bertanya pada mesin pencari

Bertanya pada mesin pencari


1.Kenapa orang akan membaca artikel anda?

jawab:

  1. Malu bertanya, Sehingga memilih mencari jawaban dari artikel anda memalui mesin pencari seperti google, bing dan sejenisnya
  2. Tidak tahu kemana bertanya, Mayoritas ketika orang mendapatkan permasalahan mereka akan mencari solusi atau jawaban namun ketika tidak lagi tahu kemana lagi bertanya maka jalan satu-satunya adalah mencari jawaban dari mesin pencari dan mesin pencari akan memberi beberapa rujukan, Termasuk artikel buatan anda.
  3. Mencari ide tulisan, Beberapa penulis memang akan mencari ide untuk menulis artikel dengan mengunjungi beberapa situs atau web untuk menemukan ide menulis mereka,Nantinya artikel tersebut akan dijadikan bahan postingan mereka, Jadi jangan heran jika nantinya blog anda akan dicopas atau direwrite, itu tandanya artikel anda memang berkelas.

Itulah beberapa kemungkinan besar "Kenapa orang membaca artikel anda" dan tentunya anda bisa bayangkan bagaimana orang mencari solusi, Lalu anda akan menjelaskannya dengan sabar dan detail hingga pembaca akan benar-benar menemukan solusi atau jawaban . Jika mereka puas dengan artikel anda, maka mereka tidak akan segan untuk membagikan link web anda melalui media sosial, misalnya facebook. Bahkan mereka akan dengan senang hati memberi "Kredit" menguntungkan.


2.Untuk apa kita menulis artikel tersebut?

Ketika ditanya "untuk apa?" tentunya anda akan tahu kemana tujuan selanjudnya, bukan?


Misalnya sebuah pertanyaan "Untuk apa anda menulis sebuah artikel?"


Maka jawabanya akan banyak sekali, Sesuai dengan latar belakang mereka masing-masing dan beberapa kemungkinan jawabanya adalah:


Untuk tugas sekola, jika mereka sedang sekolah dan menerima tugas

Untuk mencatat hasil dari pengamatan, jika mereka sedang mengadakan

Sekedar sebagai catatan harian, dan masih banyak lagi


Nah dari sini kita bisa dengan mudah menebak kata kunci atau lebih dikenal dengan keyword, Yang nantinya akan mereka tulisan di mesin pencari. Tentu ini penting sekali, Mengingat pengunjung akan datang dan membaca artikel kita melalui perantara mesin pencari tersebut. Perlu diingat lebih baik anda memiliki keyword unik dari pada keyword umum, Contohnya: ketika sesorang mencari artikel tentang ide menulis maka beberapa keyword yang mungkin akan mereka tulis antara lain: bagaimana memulai menulis artikel?, cara menulis artikel, menulis artikel dengan mudah, ide menulis yang bagus, ide menulis yang gampang dan masih banyak lagi.


Untuk lebih memudahkan melakukan tahap ini anda bisa mencoba bertanya pada teman anda, Sebagai bahan uji coba. Coba saja tanya teman anda, Misalnya: Hai sobat, Apasih kata yang kamu tulis ketika mencari artikel dari google?


Coba perhatikan ucapan atau jawaban mereka dan itu bisa menjadi tolok ukur anda untuk merangakai sebuah ide artikel lengkap dengan keyword unik.


3.Siapa saja nantinya calon pembaca artikel buatan anda?

Ketika ide dari artikel anda tujukan untuk para profesioanal tentu akan berbeda dengan artikel yang ditujukan bagi khalayak umum, Baik dari penggunaan kata-kata maupun format dari artikel. Seorang profesional akan lebih menggunakan kata-kata baku dan tidak bertele-tele dan khalayak umum akan lebih condong menggunakan kata-kata apa saja yang terlintas dibenak mereka, bahkan kadang terlalu banyak menggunakan kata sambung misalnya: "bagaimana caranya untuk membuat artikel yang mudah".


Namun sebagai Seorang penulis anda tentu juga sebisa mungkin menjadikan semua itu sebagai tantangan, Sehingga semua pertanyaan yang merekan ketikan di mesin pencari bisa tercover dalam satu artikel anda.


Dari ketiga pertanyaan diatas maka akan dengan mudah anda menemukan titik terang apa saja nantinya akan menjadi tema atau ide menulis, Bagaimana alur kata serta tata bahasa artikel anda nantinya. Jelas ini penting, Karena penyampaian kata untuk kaum muda jelas berbeda dengan kaum dewasa dan sebagainya. Sehingga ide dari artikel kita menjadi tepat sasaran dan memiliki banyak pembaca atau pengunjung.


Beberapa sumber yang bisa anda jadikan tempat untuk menemukan ide menulis antara lain:


1. Bergabung dengan forum
Ketika anda terhubung kedalam sebuah forum maka anda akan dengan mudah menemukan permasalahan dari beberapa member forum tersebut, Nah ini bisa anda jadikan ide bagus untuk dijadikan sebuah artikel

2. Permasalahan pribadi
Setiap orang memang tidak lepas dari yang namanya permasalahan, dan bisa jadi di belahan lain juga akan mengalami permasalahan serupa. Tentunya mereka juga membutuhkan solusi, bukan? Ketemu lagi sebuah ide untuk menulis artikel.

3. Permasalahan teman
Hampir sama dengan no.2, Jadi anda bisa menjadikan ini sebagai ide untuk menulis artikel

4. Kejadian disekitar kita
Beberapa hal mengejutkan sering sekali terjadi disekitar kita, Misalnya: Seseorang mendadak kaya. Nah ini juga bisa anda jadikan solusi untuk menemukan ide menulis artikel.

5. Pengalaman pribadi
Ada beberapa blogger yang mengisi konten blog mereka dengan banyak hal tentang pengalaman pribadi mereka dan mereka malah bisa mendapatakan pembaca setia, Jadi jangan sungkan untuk membuat blog pribadi dengan konten pengalaman pribadi.

6. Pengalaman teman
Kadang saat santai bersama teman-teman akan ada saja cerita unik, nah jangan sampai terlewatkan. Ini juga bisa anda jadikan ide untuk menulis artikel menarik.

7. Khayalan
Kenapa tidak? Menuliskan khayalan kita dan merangkainya menjadi sebuah alur cerita menarik bisa juga loch membuat pengunjung berdatangan untuk membaca artikel anda.

8. Hobi
Hobi bisa dijadikan bahan untuk menemukan ide menulis yang sangat menarik, Bahkan tidak jarang tulisan-tulisan anda akan diapresiasi oleh para pembaca langganan anda.

Masih Kurang ide untuk menulis artikel? Tentunya ide untuk menulis artikel itu sangat melimpah sekali, jangan terlalu dipusingkan siapa nantinya pembaca dari artikel buatan anda. Asal Artikel anda tulis dengan sebaik mungkin serta memperhatikan tiga poin diatas yaitu "Kenapa, Untuk apa dan siapa" maka jaminan pembaca artikel anda akan terus berdatangan sesuai tema blog anda.


Kesimpulannya, Ide membuat artikel itu mudah asal anda tahu:

  • Kenapa orang akan membaca artikel anda?
  • Untuk apa kita menulis artikel tersebut?
  • Siapa saja nantinya calon pembaca artikel buatan anda?

Serta anda bisa menemukan refrensi untuk mendukung dari ide menulis artikel, Maka semua akan berjalan sesuai dengan keinginan anda.

Sumber gambar: wheniwrit.com

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar