Penyebab artikel tidak diindex

Leave a Comment

Kenapa sih artikel juga tidak terindex oleh google? Pertanyaan ini akhir-akhir ini sering menjadi pertanyaan beberapa blogger karena lambatnya proses indexing dari pihak google, Namun bagi para master itu adalah hal biasa, Apalagi setelah google menerapakan pola Alogaritma terbarunya, maka mereka butuh waktu untuk proses pengindex-an artikel. Nah untuk menggali permasalahan tersebut sengaja kami berkonsultasi dengan para master untuk menangani kasus penyebab artikel tidak juga terindex oleh google maupun mesin pencari lainnya.


Penyebab artikel tidak diindex

Penyebab artikel tidak diindex


Penyebab artikel tidak diindex

1. Artikel Spam

Secara sadar atau tidak kadang artikel yang kita buat bisa terindikasi sebagai artikel yang tidak bermanfaat atau lebih dikenal dengan istilah artikel spam oleh google, jika itu terjadi maka tidak menutup kemungkinan artikel tersebut tidak dihiraukan oleh mesin pencari dengan kata lain artikel tidak akan diindex.


beberapa ciri dari artikel spam antara lain:
-Artikel hasil copi paste/copas dari website/blog lain tanpa melewati proses rewrite/editing
-Artikel tidak sesuai dengan aturan SEO
-Blog/website belum terdaftar di webmaster
, Nah itulah beberapa penyebab artikel yang tedeteksi sebagai artikel Spam dan mengakibatkan susah/tidak terindex oleh google maupun mesin penelusur lainnya.


Cara mengatasinya:
- Buatlah artikel semenarik mungkin dan mudah dimengerti oleh pembaca.
- Ketika menulis sebuah artikel jangan lupa untuk mengikuti aturan SEO yang berlaku saat ini.
- Daftarkan website/blog anda di webmaster, baik itu milik google, Bing, dan Yandex, yang merupakan 3 raksasa mesin penelusur, Agar artikel dan isi website anda mudah dikenali atau diindex oleh mesin pencari


2. Perbaiki robot txt

Robot .txt memang memegang peranan penting dalam proses pengindexan sebuah content, Baik itu berupa tulisan, gambar maupun vidio, Sebuah content/artikel tidak akan diindex jika ada perintah tidak boleh diindex oleh robot.txt serta sebaliknya, Untuk itu lebih baik gunakan robot .txt yang telah dianjurkan oleh pihak google, agar content didalam website/blog anda mudah dikenali oleh robot.txt dan diindex ataupun tidak.


Untuk mengetahui jenis robot.txt yang baik alangkah bijaknya jika anda mempelajarinya di support google tentang Cara Membuat robot.txt yang baik dan benar.


3. Periksa Webmaster

Webmaster merupakan alat perkam aktivitas yang terjadi didalam sebuah blog/website, Untuk itu seringlah untuk menengok webmaser agar bisa mengetahui apa saja yang terjadi didalam blog/website milik anda, bisa saja ada terjadi error, atau halaman tidak ditemukan dan lain sebagainya, jika itu terjadi segeralah untuk memperbaiki agar website anda tetap dalam posisi optimal. Karena jika terjadi error tidak segera anda perbaiki bukan tidak mungkin artikel atau konten didalam blog/website anda bisa luput dari pengindex-an.


4. Submit url

Apa perlunya submit url? submit url berguna memberitahukan kepada pihak penelusur bahwa anda telah memiliki sebuah artikel baru atau konten baru serta meminta untuk segera dikenali dan diindex, bukan mw mengajari mesin pencari. ini semata memberitahukan agar lebih cepat untuk diindex.


Untuk submit url anda bisa gunakan webiste resmi milik google yaitu google submit url , setelah anda sumbit url disitu maka silakan anda submit url ditempat lain, misalnya di pingomatic, dan lain sebagainya sesuai selera anda.


Setelah anda melakukan beberapa langkah diatas maka kemungkinan besar artikel anda akan mudah diindex oleh google, Jika anda pensaran apakah artikel anda sudah terindex oleh google atau belum, maka alangkah baiknya jika anda mengeceknya di mesin penelusur google, caranya: silahkan ketik perintah di kolom pencarian seperti ini "site:url anda" contohnya :site:https://aaa3a.blogspot.co.m/, maka disana akan tampil artikel-artikel yang telah diindex oleh google dan untuk artikel yang tidak muncul berarti artikel tersebut tidak terindex oleh google, mudah bukan?

cara cek artikel tidak diindex

cara cek artikel tidak diindex


Lalu bagaimana jika artikel anda tidak terindex oleh google? saran coba periksa kembali artikel anda dan perbaiki semaksimal mungkin lalu submit url lagi, maka maksimal dalam waktu 3 bulan artikel anda sudah terindex oleh google.
Nah, demikianlah pendapat dari beberapa master blogger dalam menangani kasus artikel yang tidak diindex oleh google, serta mereka berpesan," dalam bermain blogger maka suguhkanla artikel semenarik dan sedetail mungkin maka artikel anda akan lebih cepat terindex oleh google, setidaknya tulislah artikel diatas 500 kata, semakin panjang dan detail semakin bagus dimata mesin penelusur"


Maka tidak heran para master blogger membuat artikel yang super panjang dan detail, itu semua agar artikel mereka bisa tetap eksis di halaman pencarian, meskipun alogaritma google berganti dan berubah setiap tahunnya tapi buktinya mereka tetap bisa menguasai halaman satu mesin pencari, itu semua karena mereka mencoba membarikan yang terbaik kepada para pengunjung mereka


Semoga ulasan tentang artikel tidak terindex oleh google ini akan menginspirasi kita semua para blogger pemula untuk lebih bisa memberikan yang terbaik kepada para calon visitor kita dan tidak asal menulis artikel apa lagi asal copas yang penting blog/website anda penuh dengan artikel tetapi miskin visitor, maka semua itu akan sia-sia saja karena tidak akan menghasilkan apapun kecuali kerugian.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar