Tips meningkatan ketrampilan menulis

Leave a Comment

Siapa yang tidak bisa menulis? Jawabnya setiap orang pasti bisa menulis, Tetapi apakah semua orang tersebut bisa menghasilkan karya tulis yang layak? Tentu tidak. Menulis adalah bagian dari seni yang hanya bisa dilakukan oleh beberapa orang saja, Namun bukan berarti tidak bisa untuk dipelajari oleh siapa saja. Termasuk anda.


Tips meningkatan ketrampilan menulis

Belajar menulis artikel yang baik


Jika anda sedang ingin belajar menulis artikel yang baik maka anda perlu mengasah kemampuan anda dengan baik serta terstruktur agar bisa menghasilkan sebuah artikel yang layak di konsumsi oleh para pembaca, Untuk itulah kami ingin berbagai beberapa tips meningkatkan kemampuan menulis artikel yang baik bagi pemula.


10 Tips meningkatan ketrampilan menulis bagi pemula


1. Lakukan saja

Jika anda memang benar-benar ingin sekali Belajar menulis artikel dengan baik maka lakukan saja, Tidak perlu khawatir tentang bagaimana hasilnya nanti. Tulis saja sesuai apa yang bisa anda tuliskan. lakukan terus dan terus, Dengan begitu kemampuan anda akan muncul.


Jangan mencontoh bagaimana orang lain menulis tapi biarkan semua mengalir dengan sendirinya, Karena itu akan menjadi cirikhas dari karya anda serta identitas diri anda kelak. Beberapa orang masih memikirkan bagaimana untuk melakukan, Harus seperti apa dan mulai dari mana. Tanpa pernah melakukan, Itu adalah kesalahan besar.


2. Menulis saat pagi hari

Banyak orang berpendapat pagi hari adalah waktu yang baik untuk memulai sesuatu, Karena stamina masih utuh serta fikiran belum terkontaminasi oleh banyak hal. Maka jika anda ingin belajar menulis artikel untuk blog usahakanlah saat pagi hari, entah itu hanya membuat artikel sederhana.


Kebiasaan tersebut akan lebih memungkinkan anda untuk mengasah insting menulis anda.


3. Menjadi pembaca yang baik

Menulis dan membaca adalah suatu hubungan yang tak terpisahkan, Karena itu jika anda ingin sekali belajar menulis artikel dengan baik maka mulailah menjadi pembaca yang baik. Dengan demikian anda akan bisa menemukan banyak sekali manfaat dari membaca, entah itu menambah perbendaharaan kata, inspirasi dan banyak lagi.


Sebuah kata-kata bijak menyebutkan "Anda adalah apa yang anda baca dan tuliskan", Kalimat itu tentunya sangat beralasan sekali, Misalnya saja anda sering sekali membaca puisi maka secara tidak langsung itu akan menjadikan diri anda lebih senang untuk menulis puisi atau anda sering membaca artikel si fullan maka secara tak langsung gaya tulisan anda akan mengikutinya.


4. Sederhana

Artikel yang sederhana dan mudah dipahami akan lebih disukai oleh para pembaca dibandingkan dengan rentetan kata melimpah namun intinya sama saja. Jika itu bisa anda terapkan pada artikel yang anda tuliskan maka bukan hal mustahil artikel anda akan mengundang banyak sekali pembaca.


5. Lengkap

Artikel yang terbagi menjadi beberapa bagian, Bagaimana menurut anda? MEMBOSANKAN. Saya juga sependapat dengan anda. Lebih baik kita membaca sebuah artikel dalam satu bagian saja namun disana terdapat informasi yang kompleks dan akurat. Disisi lain juga akan menghemat waktu.


Untuk itu biasakan mengkoreksi artikel setelah menulisnya, Buang saja poin atau kata yang tidak penting sebelum anda mempublikasinanya.


6. Biarkan mengalir

Saat belajar menulis artikel yang baik untuk blog maupun yang lainnya usahakan jangan pernah mengeditnya ketika anda menulis artikel, Ini adalah langkah yang sering dilupakan oleh para kreator artikel ketika belajar menulis atau ketika menulis artikel.


Langkah ini penting agar ketrampilan anda bisa tumbuh dengan baik, Serta memancing insting anda untuk bisa terus mengalirkan kata-kata tanpa perduli ada kesalahan, Serta menjadikan anda bisa lebih efesien dalam menulis artikel.


7. Mencari ide yang tepat sebelum menulis

Mengumpulkan data-data yang diperlukan sebelum memulai menulis merupakan langkah yang tepat ketika anda sedang belajar menulis artikel yang baik, ini sangat berkaitan erat dengan point ke 6. Tentu akan sangat tidak efektiv ketika menulis lalu masih direpotkan dengan apa yang harus ditambahkan kedalam tulisan anda.


Lakukan cara ini setiap kali akan menulis, Niscaya kemampuan menulis anda akan cepat berkembang dalam waktu singakat.


8. Atur Waktu menulis anda

Ketika belajar menulis anda juga perlu mengatur waktu, Jangan sampai anda terus menerus berada didepan monitor atau buku. ini sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan anda. Baik itu pikiran maupun badan.


Misallnya saja 20 menit anda menulis lalu 20 menit anda istirahat, Jika kebiasaan itu bisa terjaga maka anda bisa menjadi penulis yang baik.


9. Membiasakan mencatat

Ketika anda melakukan sebuah riset untuk dijadikan ide dalam menulis artikel biasakan untuk mencatatnya agar lebih mempermudah untuk merangkainya, Misallnya saja kumpulan keyword, atau poin-poin penting.


Tentu akan sangat menjengkelkan ketika menulis terus kita lupa dengan point penting maupun keyword yang dijadikan ide artikel.


10. Terus menulis

Untuk menjadi ahli maka lakukanlah secara terus menerus, Begitu juga ketika anda sedang belajar menulis artikel yang baik, Maka lakukanlah secara terus menerus. Jangan pernah menyerah meskipun pada awalnya gagal untuk menulis artikel. teruslah untuk belajar menulis artikel dengan baik.


Demikianlah 10 Tips meningkatan ketrampilan menulis bagi pemula yang bisa anda coba untuk meningkatakan ketrampilan anda saat menulis artikel denganb baik, Temukan juga tips agar menulis lebih menyenangkan agar proses belajar menulis anda bisa lebih asyik dan menghasilkan artikel yang berbobot, Semua itu akan berhasil jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Perlu diingat saat ini industri informasi sangat menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan, Banyak sekali dibutuhkan penulis untuk mengisi konten blog maupun website. Dengan kata lain jika anda bisa menjadi seorang penulis yang kompeten bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran order.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar