6 HAL PENTING DALAM MENULIS

Leave a Comment

Menulis adalah salah satu aktivitas pencurahan sebuah ide dalam susunan kata-kata hingga menjadi sebuah karya yang bisa dimanfaatkan oleh orang lain, Misalnya saja artikel atau novel dan masih banyak lagi. Untuk menjadi seorang penulis tidak diperlukan sebuah patokan baku, Namun untuk menjadi seorang penulis yang baik perlu memperhatikan beberapa hal untuk menghasilkan sebuah karya bermanfaat.


Beberapa hal tersebut bisa disebut kaidah dalam menulis yang baik, Meskipun tidak ada aturan dan rumusan yang resmi dalam menulis sebuah karya, Namun agar karya tulis kita bisa bermanfaat bagi orang lain dan enak dibaca maka berikut akan kami bagikan beberapa tips dalam menulis yang baik.


6 Hal yang perlu diperhatikan dalam menulis


IDE menulis artikel

Source

1. IDE menulis artikel

IDE adalah sebuah dasar dari menulis, Karena tanpa ide mustahil akan lahir sebuah karya tulis. Untuk itu sebelum memulai menulis carilah ide yang patut dijadikan sebagai bahan untuk menulis, 1001 ide menulis bisa anda dapatkan dengan sangat mudah di sekitar tempat tinggal anda. Entah itu ditempat anda bekerja, Melalui sosial media dan masih banyak lagi bisa anda temukan ide untuk menulis sebuah karya tulis.


Sebuah IDE akan menjadi sia-sia jika anda tidak menggalinya lebih jauh lagi, Atau akan berlalu begitu saja ketika anda tidak tanggap dengan kejadian disekitar. Agar sebuah kejadian tersebut bisa dijadikan ide baiknya anda perhatikan beberapa hal berikut:


Menelaah sebuah kejadian.

Apa yang ada dalam benak anda ketika melihat seorang yang ingin sekali belajar menulis sebuah artikel?
Bagi seorang penulis itu akan menjadi sebuah ide untuk menulis artikel tentang bagaimana caranya menulis sebuah artikel, mulai dari bagaimana cara mendapatkan ide menulis sampai menjadikan sebuah karya tulis yang layak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Anda bisa menjelaskannya secara detail tahapan-tahanpanya dalam artikel atau karya tulis anda.


Membantu menyelesaikan masalah

Ketika anda mengalami sebuah permasalan tentu menginginkan sebuah solusi atau pernyelsaian, Begitu juga orang lain. Jika anda menyadari bahwa mungkin saja diluaran sana ada beberapa orang yang memiliki permasalan yang sama serta membutuhkan sebuah solusi, Maka dengan niatan ingin membantu orang lain maka karya tulis adalah sebuah solusi yang baik.


Karena tidak mungkin jika anda akan bertanya kepada setiap orang, Lalu menawarkan sebuah solusi dari sebuah pemasalahan tersebut. Apalagi zaman sekarang sebagian besar orang akan mencari pemecahan permasalan melalui mesin pencari di internet, Cukup mengetikkan sebuah atau beberapa kata saja dikolom pencarian, Maka akan tampil beberapa artikel yang berkaitan dengan pertanyaan anda tersebut.


Jadi ketika anda ingin membantu siapa saja dalam mengatasi sebuah permasalan maka karya tulis adalah jalan keluarnya.


Pengetahuan yang baik

2. Pengetahuan yang baik

Sebuah ide bisa saja anda dapatkan dengan mudah, Namun jika anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup menyangkut sebuah ide tersebut, Apa yang akan terjadi?


Setiap orang akan menyampaikan ide sesuai dengan pengetahuan yang mereka mereka miliki, Misalnya saja ide tentang buah rambutan

  • Jika pengetahuan anda lebih dominan dalam dunia kesehatan maka ide tersebut akan anda tuangkan dalam bentuk karya tulis bagaimana memanfaatkan buah rambutan untuk kesehatan.
  • Bagi seorang pembisnis/pedagan tentu saja prospek cerah untuk buah rambutan akan diulas habis melalui artikelnya.
  • Tentu berbeda lagi jika ide yang akan didapatkan bagi seorang yang memiliki pengetahuan luas dalam bidang pertanian, Tutorian budidaya rambutan akan menjadi pilihan tepat.

Dan masih banyak lagi karya tulis yang akan lahir dari buah rambutan, Tentunya semua itu sesuai dengan pengatahuan masing-masing.


Jangan sekali-kali anda menulis sebuah artikel jika anda tidak memiliki kecukupan ilmu didalamnya, Karena hasilnya tentu tidak bisa maksimal.


3. Susunan kata sederhana

Membuat sebuah artikel yang enak dibaca dan mudah dimengerti oleh semua golongan adalah sebuah kunci, Karena artikel tersebut tidak hanya untuk anda pribadi tetapi untuk orang lain yang anda sendiri tidak akan bisa tahu dia siapa, apa latar belakangnya dan masih banyak lagi tentang pembaca artikel anda yang tidak mungkin bisa anda ketahui secara detail.


Bisa saja dia dari latar belakang di bawah anda dan sedang ingin menjadi lebih baik dengan membaca artikel anda, Mungkin saja itu terjadi, Benar begitu bukan?


Untuk itu ketika anda menulis sebuah artikel atau karya tulis, Maka usahakanlah memilih kata kata sederhana dan menyusunnya dengan baik serta mudah dipahami oleh semua kalangan.


4. Bahasa yang baik

Penggunaan bahasa tentu akan sangat mempengaruhi nilai sebuah artikel, Karena artikel tidak hanya di baca dari susunan kata-katanya saja melainkan melalui sebuah bahasanya juga, Pemilihan bahasa yang santun dan tepat lebih disukai oleh pembaca dibandingkan penggunaan bahasa yang tidak tertata dengan baik.


Anda bisa memperkaya pembendaharaan kata-kata anda dengan banyak membaca dan terus berlatih menulis, Hingga benar-benar bisa menggunakan kata-kata yang tepat untuk artikel yang akan anda tulis nantinya.


5. Artikel Yang Baku

Pernahkah anda membaca sebuah artikel yang akhirnya anda dibuat binggung oleh artikel tersebut? atau sebuah artikel yang tidak langsung bisa dimengerti maksudnya dengan sekali baca?


Itu adalah beberapa contoh dari artikel yang tidak baku, Bisa saja maksud dari penulis adalah ingin sekali membuat artikel secara detail, Namun malah menjadi sebuah artikel yang membinggunkan pembaca. Faktor inilah yang perlu anda hindari, Lebih baik membuat artikel ringkas dan padat dari pada membuat artikel panjang tapi malah tidak bisa membantu para pembaca anda.


Yakinlah, Jika artikel anda enak dibaca maka pengunjung akan memberikan nilai positif pada artikel anda dan bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan artikel anda pada teman atau kenalan mereka, Itu artinya perlahan tapi pasti artikel anda akan menjadi buah bibir.


6. Rasa

Tidak cuma makanan atau minuman saja yang bisa dirasakan, Tetapi sebuah artikel juga memiliki rasa ketika dibaca, Rasa nyaman saat membaca, Terbantu setelah membaca, Lebih semangat dan masih banyak lagi rasa yang akan muncul ketika dan setelah membaca. Maka tidak salah jika ada pepatah menyebutkan "Pena itu lebih tajam dari sebuah pedang".


Pembaca akan menjadi loyal kepada artikel-artikel anda, Jika artikel tersebut bisa memberikan rasa yang mereka butuhkan.


Artikel Yang Membantu

7. Artikel Yang Membantu

Inti dari sebuah artikel harus bisa membantu para pembacanya, Membantu dalam hal ini tentu sesuai dengan tema yang anda usung tentunya, Jika tema anda tentang totorial maka setelah membaca artikel, Maka setelah membaca artikel mereka bisa melakukan apa yang anda jelaskan dalam artikel tersebut tanpa mengalami kesulitan. Jika artikel anda bertema informasi maka para pembaca akan menemukan informasi yang tepat dan detail untuk kebutuhan. Untuk itu ketika anda menulis artikel usahakanlah dan niatkanla untuk membantu para pembaca.


Itulah 6 Hal yang perlu anda diperhatikan dalam menulis sebuah artikel agar artikel anda disukai oleh pembaca, Apapun tujuan anda. Entah itu untuk menarik pengunjung yang berlimpah jika anda seorang blogger atau agar artikel anda bernilai tinggi jika tujuan artikel tersebut ingin dijual.


Rasa ingin membantu orang lain yang anda tanamkan saat menulis akan memberikan sentuhan tersendiri pada hasil akhir artikel tersebut entah itu lebih detail atau yang lainnya, Semoga artikel ini bisa membantu.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar