Seberapa penting SEO bagi situs anda

Leave a Comment

"Search engine optimization" atau lebih dikenal dengan SEO yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai Optimisasi mesin pencari masih menjadi misteri bagi sebagian pengembang situs atau kebanyakan disebut blogger terutama bagi mereka yang baru menerjuni bidang tersebut, Sehingga faktor SEO dianggap tidak penting dengan berbagai dalih. Lalu pertanyaannya "Jika SEO tidak penting lalu kenapa mesin penelusur seperti GOOGLE sangat menyarankan anda para pengembang situs untuk mengenal dan mempelajari SEO?", Tentu ini unik bukan?


Jika SEO tidak penting dan hanya membuang waktu saja untuk mempelajari lalu kenapa para master-master blogger terus menggali dan memahami kinerja SEO? Bahkan sampai banyak juga yang menjadikan informasi seputar SEO sebagai lahan bisnis(baik berupa seminar, Ebook bahkan sampai jasa SEO) dan selalu sukses diserbu para auditor?


Tentu masih banyak pertanyaan yang akan terlontar ketika anda menganggap bahwa SEO itu tidak penting bagi situs anda.


Apa sebenarnya SEO itu sendiri?

Menurut WIKIPEDIA pedia SEO adalah sebagai:

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

Nah, Dari cuplikan tersebut sekarang anda sedikit memahami apa itu SEO dan kegunaannya bagi situs web milik anda, Yah dengan kata lain ketika situs anda benar-benar menerapakan SEO dengan baik dan benar maka jumlah pengunjung situs web anda akan melimpah, Tentu itu akan sebanding dengan kualitas dan banyaknya artikel serta kecenderungan orang untuk mencari tema yang anda ulas pada situs website milik anda tentunya.


Bagaimana belajar dan memahami SEO?

Bagi anda yang telah menyadari fungsi dan kuntungan menerapakan seo anda bisa belajar dibanyak situs yang bisa anda cari dengan keyword SEO, Disana anda akan banyak sekali menemukan artikel seputar SEO Mulai dari tahap dasar hingga tahap profesional. Anda juga bisa belajar mengenal SEO dari laman support google, Disana anda akan menemukan berbagai artikel yang berkaitan dengan SEO. juga dari berbagai situs sepertiMoz.com, serps.com/seo/dan masih banyak lagi, Untuk yang berbahasa indonesia kami lebih condong untuk membaca artikel seputar SEO di panduan SEO .


Namun jika memungkinkan lebih baik anda belajar SEO atau berguru langsung kepada para senior yang telah mengerti dan memahami kinerja SEO, Mungkin agak sulit untuk menemukan orang yang mau berbagi ilmu seputar SEO namun jika ada kemauan pasti anda akan menemukannya di sosial media seperti facebook misalnya.


Bagaimana cara terbaik menerapkan SEO untuk situs web anda

Penerapan SEO memang tidaklah mudah karena SEO tidak hanya bertumpu pada artikel saja, Melainkan dipengaruhi oleh banyak hal seperti:

  • Kenyamanan sebuah situs website
  • Keamanan sebuah situs website
  • Tata letak situs website
  • Desain situs website
  • Penggunaan meta tag yang benar dan tidak berlebihan
  • Penautan dengan webmaster
  • Dan lain sebagainya

Jadi SEO itu adalah satu kesatuan yang kompleks dan harus anda terapkan secara keseluruhan, Tidak bisa ditawar lagi. Jika memang anda benar-benar mengharapkan untuk mendapatkan nilai SEO yang sempurna untuk website anda.


Bagaimana jika menyewa jasa SEO?

Bisa saja anda menggunakan jasa optimasi SEO untuk situs website anda, Tentunya anda harus bijak dalam memilih jasa SEO tersebut dan benar-benar memilih orang-orang yang berkompeten dibidang tersebut.


Bagaimana jika situs anda tidak menerapkan SEO?

Itu adalah pilihan anda dan kami tidak bisa mengganggu gugatnya, Namun jika kembali kepada poin-point diatas maka jangan heran jika website anda akan sulit untuk ditampilkan pada hasil laman awal pencarian dimesin pencari(google) ketika calon pengunjung mencoba mencari dengan kata kunci-nya. dan itu sama saja pekerjaan anda untuk mengurus sebuah situs website tersebut sia-sia.


Bagaimana laman anda bisa tampil dihalaman pertama pencarian, padahal anda tidak mengerti SEO dan tidak percaya SEO?

Mungkin saja itu adalah sebuah kebetulan, Namun jika diselediki lebih jauh anda telah mempraktekan SEO dalam konteks tanpa sadar, Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa "konten is king" "konten adalah raja" "konten adalah segalanya" dan masih banyak lagi istilah mengenai konten, Dalam kasus ini bisa saja konten anda dianggap paling berkualitas dan layak untuk berada dihalaman awal mesin pencari, Jika tidak percaya coba anda periksa bagaimana anda membangun struktur konten tersebut, Pasti anda akan menemukan ciri-ciri dari artikel SEO.


Apa keuntungan SEO?

Secara mutlak keuntungan SEO adalah akan mendatangkan trafik melimpah kedalam situs website yang anda kelola, Ini artinya anda akan mendapatkan lebih banyak penghasilan. Maka tidak herah berbagai situs berlomba-lomba untuk menerapkan SEO demi mendapatkan sumber traffik dari mesin pencari(google).


Nah, Dengan uraian diatas maka kesimpulannya adalah SEO sangatlah penting untuk dipelajari, dipahami dan diterapkan kedalam pengelolaan situs website anda agar bisa mendapatkan hasil memuaskan, Untuk apa mengelola situs website jika tidak ada pengunjung yang datang. Belajar SEO dengan baik sembari mengurus situs website itu lebih baik agar anda bisa mendapatkan dan menerapkan SEO dengan baik dan benar.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 comments:

Posting Komentar